Jumat, 28 Juni 2019

Tugas Akhir Manajemen Strategik

NAMA : SALSABILA A F

NIM     : 01216049

PT. FRISIAN FLAG INDONESIA



BAB 1
Latar Belakang PT. Frisian Flag Indonesia

Latar Belakang

Industri produk berbasis susu di Indonesia berkembang cukup pesat. Hal ini ditandai dengan bermunculannya inovasi – inovasi baru di bidang pengolahan produk berbasis susu. Demikian pula dengan komposisi dan kemasannya, dibuat menarik perhatian dengan harga terjangkau. Selain itu, hal ini juga semakin teredukasinya dan meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya mengkonsumsi susu setiap hari. Indoneia memiliki ladang yang baik untuk peternakan sapi sehingga akan menghasilkan susu yang berkualitas tinggi.

Kini, produk susu termasuk produk yang sangat dibutuhkan semua orang, baik tua maupun muda. Fakta inilah yang akhirnya mendorong para pelakunya lebih giat merebut hati konsumen. Setidak-tidaknya, produk ini dibutuhkan oleh 150 juta penduduk Indonesia. Populasi dunia meningkat dengan cepat, daya beli meningkat, sementara pada saat yang sama, makanan, bahan baku, dan energi berada dalam pasokan pendek. Ini memberi Frisian Flag Indonesia, sebagai bagian dari FrieslandCampina, kesempatan untuk menjawab kebutuhan ini dan tumbuh optimal sekaligus. Frisian Flag tidak hanya menghasilkan susu berkualitas tinggi, tetapi juga melakukan berbagai kegiatan pembangunan sosial, sebagai bentuk tanggung jawab kepada konsumen, karyawan, petani, pemegang saham, masyarakat, dan lingkungan, dalam semua aspek operasional perusahaan. Strategi perusahaan kami fokus pada dua bidang, Kesehatan dan Gizi.

Sejarah Pendirian


Frisian Flag berdiri pada tahun 1922 dengan merek susu “Friesche Vlag” atau yang lebih dikenal sebagai susu bangsa yang diimpor dari Cooperative Condensfabriek Friesland di Belanda yang sekarang menjadi Royal FrieslandCampina. Saat ini perusahaan PT Frisian Flag adalah perusahaan susu terbesar di dunia yang berpusat di Belanda dan beranggotakan  19.487 peternak yang tersebar di 3 negara serta memiliki karyawan tidak kurang dari 19.946 orang yang bekerja di 100 perusahaan di dunia yang merupakan koperasi peternak sapi perah terbesar di dunia.

PT Frisian Flag Indonesia mulai beroperasi di Indonesia pada tahun 1971 dengan susu kental manis sebagai produk pertamanya. Sebagai bagian dari perusahaan multinasional, PT Frisian Flag Indonesia mengedepankan pengalaman global dan kerjasama jangka panjang dengan para peternak Indonesia untuk tetap menjadi leaderdalam menghasilkan produk-produk bergizi berbasis susu.

PT Frisian Flag Indonesia adalah pemimpin pasar di industri susu Indonesia yang berkomitmen untuk memproduksi susu berkualitas terbaik dan bernutrisi tinggi serta memberikan pelayan terbaik bagi konsumen dan mitra usahanya. Di Indonesia Frisian Flag dikenal oleh masyarakat dengan nama Susu Bendera.
Dalam memproduksi dan mendistribusikan produk-produk berbasis susu, PT Frsian Flag Indonesia tidak hanya mengikuti standar nasional dan internasional, namun juga mengadvokasi kepada para pemangku kepentingannya untuk senantiasa mendukung perkembangan holistik anak dan mempromosikan ASI eksklusif sesuai dengan petunjuk WHO.
PT Frisian Flag Indonesia percaya bahwa para karyawan adalah aset terbesar dan ingin mereka bertumbuh bersama dengan perusahaan. Setiap tahun mereka mengirim karyawan ke berbagai program pelatihan dan pengembangan baik di Indonesia maupun di luar negeri untuk menambah pengetahuan dan mempelajari hal-hal baru. Mereka percaya bahwa pengetahuan memberi mereka daya  kemampuan dan untuk menjadi yang terbaik, mereka perlu terus belajar dan menambah pengetahuan.
BAB 2
Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran 
PT. Frisian Flag Indonesia

Visi 
PT Frisian Flag Indonesia mempunyai visi untuk menjadi merek pemimpin dalam bidang nutrisi berbahan dasar susu dengan produk-produk dan format produk berkualitas yang terjangkau untuk pelanggan diseluruh di Indonesia.
Misi 
PT. Frisian Flag Indonesia mempunyai beberapa misi, yaitu:
  1. Memerangi Kekurangan Gizi
  2. Mengembangakn standar di bidang peternakan sapi perah yang bertanggung jawab.
  3. Menjadi nomor satu dalam pasar susu secara keseluruhan.
  4. Menstimulasi konsumsi produk susu secara aktif dan mencapai pertumbuhan yang lebih cepat di bidang-bidang penting pada pasar produk susu dibandingkan dengan para kompetitor di bidang tersebut.
  5. Memperkuat posisi “merek yang disukai”, dipikirkan para pelanggan susu di seluruh Indonesia.
  6. Mempunyai karyawan yang berkompetisi dan berdedikasi di semua tingkat dan memiliki succession planning untuk memastikan agar perusahaan dapat terus berkembang.
Tujuan 

Tujuan perusahaan ini adalah untuk menjadi perusahaan yang unggul serta selalu menghasilkan dan menyediakan produk yang dapat memenuhi hidup sehat, nyaman, dan penuh nutrisi bagi semua masyarakat. 

Sasaran Produk

Strategi perusahaan ini berfokus pada dua bidang, yaitu Kesehatan dan Gizi dan Pengembangan Dairy. Sasaran pada PT Frisian Flag Indonesia adalah untuk semua kalangan masyarakat Indonesia, karena susu tersebut disajikan untuk seluruh keluarga Indonesia.


BAB 3

Analisis Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran 

PT. Frisan Flag Indonesia


Analisis SMART

  1. SIMPLE
Menjadi produsen produk nutrisi berbasis susu dengan meningkatkan target penjualan lebih besar dari tahun sebelumnya.
  1. MEASURABLE
Menjadi Market Leader dalam penjualan produk varian susu ( susu cair, susu bubuk, dan susu kental manis ). Mengutip data lembaga riset Nielsen, Frisian Flag menguasai separuh pangsa pasar susu kental manis. Adapun pangsa pasar untuk susu cair mencapai 10% dan susu bubuk 10%. Terbukti pada pertengahan tahun 2016 Frisian Flag merilis produk susu  rasa kelapa muda pertama di Indonesia yang menunjukkan eksistensinya dalam inovasi produk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.
  1. APLIKABLE
Menjadi produsen varian susu yang menyajikan kesegaran rasa, dengan rasa yang gurih dan lezat, dengan diformulasikan secara khusus dengan mengacu pada kebutuhan nutrisi bagi masyarakat Indonesia.
  1. RELIABLE
Menjadi produsen dengan varian produk susu terlengkap dan mampu memimpin market leader selama 90 tahun. Mengembangkan lini produk terbaru dengan target pencapaian yang terus meningkat dari tahun ke tahun berikutnya. Tak heran jika Frisian Flag kini identic dengan susu dan pertumbuhan dari generasi ke generasi.
  1. TIMEABLE
PT Frisian Flag Indonesia, produsen produk nutrisi berbasis susu, yakin target pertumbuhan penjualan sebesar 12% pada tahun ini, menjadi Rp19,04 triliun dari kinerja tahun sebelumnya sebesar Rp17 triliun terpenuhi.Corporate Communication Manager Frisian Flag mengatakan penetapan target tersebut sesuai dengan pertumbuhan produksi susu rerata 10%-12% per tahun.

BAB 4
Analisis Sumber Daya Saing 
PT. Frisian Flag Indonesia 

Daya Saing

PT Frisian Flag Indonesia sudah dikenal oleh mayarakat luas dengan kualitas susu yang bergizi dan terbukti selama 90 tahun menjadi market leader di Indonesia. Dengan berbagai inovasi produk dan varian produk susu.
Analisis SWOT adalah cara untuk memeriksa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang perusahaan hadapi. Berikut  Analisis SWOT untuk PT. Frisian Flag Indonesia :
  1. Strength (Kekuatan)
·         Frisian Flag memiliki peternakan sendiri sehingga memiliki bahan baku yang berkualitas dan bernutrisi tinggi.
·         Produk yang dihasilkan dapat di konsumsi dari berbagai umur dari balita hingga dewasa dengan berbagai fungsi dan kebutuhan masing-masing sesuai dengan umur. Selain itu ada juga susu untuk kebutuhan ibu hamil.
·         Kualitas SDM yang selalu berkembang dengan adanya training yang selalu diadakan pada waaktu tertentu.
·         Mempunyai tim yang professional dan kuat pada setiap acara / event.

  1. Weakness (Kelemahan)
         Kurangnya inovasi terhadap varian rasa produk susu.
         Kandungan gula yang cukup tinggi cenderung banyak dihindari.
         Minimnya sarana promosi via website.

  1. Opportunities (Peluang)
·         Mempunyai beragam kegiatan yang dibentuk oleh Corporate Operasional Responsibility (CSR) seperti pengembangan kemasyarakatan, pembinaan peternakan sapi, ketahanan gizi, dan Program Berkelanjutan.
·         Hampir setiap bulan Frisian Flag Indonesia mengadakan event di berbagai kota.
·         Produk lebih mudah dipasarkan karena telah ada di benak para konsumen dan merupakan salah satu merek yang dicari banyak orang karena kualitasnya.

  1. Threats (Ancaman)
         Pesaing di bidang produk yang sama menawarkan varian rasa yang lebih beragam dan rendah gula.
         Harga susu yang ditawarkan cukup mahal dibandingkan dengan merek susu lain walaupun harganya sebanding dengan kualitas dan manfaat yang didapatkan.
         Kenaikan harga BBM mempengaruhi dalam hal transportasi.


BAB 5
Analisis Value Chain 
PT. Frisian Flag Indonesia



Aktivitas-aktivitas utama :

          Aktivitas logistik kedalam
            Reception, Storage, Inventory control, Transportasi on planning.
         Aktivitas operasi
            Produksi produk (tenaga mesin maupun manusia), quality controller.
         Aktivitas logistik keluar
            Warehousing, Order Fulfilment, Transportation, Distribution.
         Aktivitas pemasaran dan penjualan
Partnership, Advertising, Promotion.
          Aktivitas pelayanan (Service).


BAB 6
Tabel IFAS PT. Frisian Flag Indonesia


Kondisi Internal PT. Frisian Flag Indonesia


Faktor Intern
Kekuatan/kelemahan
Produksi
+ Frisian Flag memiliki peternakan sendiri sehingga memiliki bahanbaku yang berkualitas dan bernutrisi tinggi.+ Produk yang dihasilkan dapat di konsumsi dari berbagai umur daribalita hingga dewasa dengan berbagai fungsi dan kebutuhan masingmasing sesuai dengan umur. Selain itu ada juga susu untukkebutuhan ibu hamil.-          Kurangnya inovasi terhadap varian rasa produk susu.
Marketing
–          Minimnya sarana promosi via website.
Personalia
+ Kualitas SDM yang selalu berkembang dengan adanya training yangselalu diadakan pada waaktu tertentu
Manajemen
+ Mempunyai tim yang professional dan kuat pada setiap acara / event.
Dari table di atas terdapat 4+ dan 2-,ini menunjukan bahwa kekuatan unggul 2 poin terhadap kelemahan

Analisa IFAS untuk mengetahui kekuatan

Faktor intern
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Frisian Flag memiliki peternakan sendiri sehingga memiliki bahan baku yang berkualitas dan bernutrisi tinggi
4
0,25
4
1
Produk yang dihasilkan dapat di konsumsi dari berbagai usia dengan fungsi dan kebutuhan masing-masing. Selain itu ada juga susu untuk kebutuhan ibu hamil
3
0,25
3
0.75
Kualitas SDM yang selalu berkembang dengan adanya training yang diadakan pada waaktu tertentu
3
0,25
3
0,75
Mempunyai tim yang professional dan kuat pada setiap acara / event.
4
0,25
4
1
TOTAL
14
1
14
3.5














Analisa IFAS untuk mengetahui kelemahan 


Faktor Intern
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Kurangnya inovasi terhadap varian rasa produk susu.
4
0,5
-2
1
Minimnya sarana promosi via website
4
0,5
-2
1
TOTAL
8
1
–4
2
























BAB 7
Tabel EFAS PT. Frisian Flag Indonesia



Kondisi Eksternal PT. Frisian Flag Indonesia


Faktor Eksternal
Peluang/ancaman
Sosial Environment
+ Mempunyai beragam kegiatan yang dibentuk oleh Corporate Operasional Responsibility (CSR) seperti pengembangan kemasyarakatan, pembinaan peternakan sapi, ketahanan gizi, dan Program Berkelanjutan.+ Hampir setiap bulan Frisian Flag Indonesia mengadakan event di berbagai kota.
Pesaing
+ Produk lebih mudah dipasarkan karena telah ada di benak para konsumen dan merupakan salah satu merek yang dicari banyak orang karena kualitasnya.-     Pesaing di bidang produk yang sama menawarkan varian rasa yang lebih beragam dan rendah gula
Ekonomi
–     Harga susu yang ditawarkan cukup mahal dibandingkan dengan merek susu lain walaupun harganya sebanding dengan kualitas dan manfaat yang didapatkan-     Kenaikan harga BBM mempengaruhi dalam hal transportasi
Dari table di atas terdapat 3 Peluang dan 3 Ancamanini menunjukan bahwa peluang unggul 0 poin terhadap ancaman

Analisa EFAS untuk mengetahui peluang

Faktor Eksternal
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Mempunyai beragam kegiatan yang dibentuk oleh Corporate Operasional Responsibility (CSR) seperti pengembangan kemasyarakatan, pembinaan peternakan sapi, ketahanan gizi, dan Program Berkelanjutan
4
0.4
3
1.2
Hampir setiap bulan Frisian Flag Indonesia mengadakan event di berbagai kota
3
0.3
2
0.6
Produk lebih mudah dipasarkan karena telah ada di benak para konsumen dan merupakan salah satu merek yang dicari banyak orang karena kualitasnya
3
0.3
3
0.9
TOTAL
10
0.77
8
2.7
















Analisa EFAS untuk mengetahui ancaman 

Faktor Eksternal
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Pesaing di bidang produk yang sama menawarkan varian rasa yang lebih beragam dan rendah gula
3
0.3
-2
-0.6
Harga susu yang ditawarkan cukup mahal dibandingkan dengan merek susu lain walaupun harganya sebanding dengan kualitas dan manfaat yang didapatkan
4
0.4
-2
-0.8
Kenaikan harga BBM mempengaruhi dalam hal transportasi
3
0.3
-1
-0.3
TOTAL
10
0.9
-5
-1.7




BAB 8
Diagram SWOT dan Prioritas Strategi
PT. Frisian Flag Indonesia

Koordinat Analisis Internal
(skor total kekuatan – skor total kelemahan)
= 1,5
Koordinat Analisis Esternal
(skor total peluang – skor total ancaman)
= 1
Jadi titik koordinatnya terletak pada (1,5 ; 1)







Pada kuadran I ( SO Strategi ) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada.

Pada kuadran II ( ST Strategi ) Menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang.
Pada kuadran III ( WO Strategi ) perusahaan dapat membuat peluang pada kesempatan sebagai acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan menghadapi ancaman.

Pada kuadran IV ( WT Strategi ) Meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.



BAB 9
Matrik SWOT PT. Frisian Flag Indonesia




BAB 10
Variasi Strategi PT. Frisian Flag Indonesia


Pada kuadran I ( SO Strategi ) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada.


Kekuatan perusahaan adalah :
  • Frisian Flag memiliki peternakan sendiri sehingga memiliki bahan baku yang berkualitas dan bernutrisi tinggi.
  • Mempunyai tim yang professional dan kuat pada setiap acara / event.
Peluang perusahaan adalah :
  • Mempunyai beragam kegiatan yang dibentuk oleh Corporate Operasional Responsibility (CSR) seperti pengembangan kemasyarakatan, pembinaan peternakan sapi, ketahanan gizi, dan Program Berkelanjutan.
  • Produk lebih mudah dipasarkan karena telah ada di benak para konsumen dan merupakan salah satu merek yang dicari banyak orang karena kualitasnya.
Pada kuadran II ( ST Strategi ) Menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang.

Kekuatan perusahaan adalah :
  • Frisian Flag memiliki peternakan sendiri sehingga memiliki bahan baku yang berkualitas dan bernutrisi tinggi.
  • Mempunyai tim yang professional dan kuat pada setiap acara / event.
Ancaman perusahaan adalah :
  • Harga susu yang ditawarkan cukup mahal dibandingkan dengan merek susu lain walaupun harganya sebanding dengan kualitas dan manfaat yang didapatkan.

Pada kuadran III ( WO Strategi ) perusahaan dapat membuat peluang pada kesempatan sebagai acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan menghadapi ancaman.

Kelemahan perusahaan adalah :
  • Kurangnya inovasi terhadap varian rasa produk susu
  • Minimnya sarana promosi via website
Peluang perusahaan adalah :
  • Mempunyai beragam kegiatan yang dibentuk oleh Corporate Operasional Responsibility (CSR) seperti pengembangan kemasyarakatan, pembinaan peternakan sapi, ketahanan gizi, dan Program Berkelanjutan.
  • Produk lebih mudah dipasarkan karena telah ada di benak para konsumen dan merupakan salah satu merek yang dicari banyak orang karena kualitasnya.

Pada kuadran IV ( WT Strategi ) Meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.

Kelemahan perusahaan adalah :
  • Kurangnya inovasi terhadap varian rasa produk susu
  • Minimnya sarana promosi via website
Ancaman perusahaan adalah :
  • Harga susu yang ditawarkan cukup mahal dibandingkan dengan merek susu lain walaupun harganya sebanding dengan kualitas dan manfaat yang didapatkan.


Pengembangan Produk (Product Development)
Meningkatkan penjualan dengan cara menghasilkan produk-produk yang berkualitas tingi bagi consume Indonesia. Sebagai ahli dalam bidang nutrisi, PT Frisian Flag Indonesia secara aktif berpartisipasi dalam program kerja sama dengan institusi terkait unutk meningkatkan gizi dan kesehatan masyarakat.sapi. 


BAB 11
Strategi Unit Bisnis PT. Frisian Flag Indonesia



Strategi bisnis unit perusahaan yang diterapkan untuk mengembangkan produk adalah :
  1. Meningkatkan kapasitas produksi. Saat ini mereka memproduksi susu dari dua pabrik yang terdapat di Ciracas dan Pasar Rebo, Jakarta. Kapasitas produksi dari kedua pabrik ini sudah mencapai 2.5 juta liter per hari, tumbuh 15% dari kapasotas produksi tahun lalu.
  2. Demi menjaga pasokan susu sapi dalam negeri, perusahaan kerap mengadakan pelatihan bagi pada peternak sapi. Misalnya, pelatihan mengenai cara meningkatkan produktivitas susu sapi serta cara menjaga agar mutu sapi terjamin.
  3. Frisian Flag selalu berkomitmen untuk tidak mempromosikan formula seperti keputusan Menteri Kesehatan dan World Health Organization (WHO). Jika ada karyawannya yang terbukti kethuan mempromosikan susu formula, hukumannya adalah pemecatan.
  4. Frisian Flag juga terus memberikan bantuan bagi masyarakat di lingkungan pabrik. Misalnya, bekerja sama dengan sekolah-sekolah dan memberi informasi soal nutrisi, memberi kesempatan bagi anak-anak sekolah untuk melakukan kunjungan ke pabrik, juga kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan praktik kerja di perusahaan.


BAB 12
Bisnis Proses PT. Frisian Flag Indonesia











Interaksi dari proses-proses seperti yang tergambar dalam diagram alur proses bisnis Trade Marketing Department adalah sebagai berikut.
Proses bisnis PT Frisian Flag Indonesia dimulai dengan kebutuhan konsumen :
  1. Inovasi diprakasai oleh riset pasar. Setelah direncanakan oleh Trade Marketing Department berdasarkan anggaran tahunan secara berurutan, maka dikembangkan produk (baru) termasuk promosi, dan iklan, dan produk diproduksi di pabrik PT Frisian Flag Indonesia.
  2. Produk yang di-release dikeluarkan dan didistribusikan ke pasar berdasarkan order sales dan kredit control menurut prosedur order proses dan distribution dan primary sales, invoicing, dan collection.
  3. Semua produk PT Frisian Flag Indonesia dijual di pasar local menurut primary sales, invoicing dan collection dan secondary selling proses. Dan berdasarkan permintaa, produk tertentu di ekspor menurut prosedur eksport.
  4. Proses pengiriman barang diatur berdasarkan area atau wilayah dari masing-masing penjualan produk.
  5. Pengontrolan barang dan keuangan, yang dinyatakan dalam uang sebagai hasil dari proses bisnis dimonitor oleh dewan direksi dalam sistem informasi bulanan (monthly information system), dibandingkan dengan anggaran tahunan yang telah disetujui. Apabila diperlukan, dewan direksi akan memprakarsai tindakan korektif preventif dan perbaikan terhadap adanya deviasi.
Berikut merupakan gambaran mengenai proses penjualan dari distributor ke toko :
















BAB 13
Analisis Persaingan 
PT. Frisian Flag Indonesia

TABEL ANALISIS PERSAINGAN

4P
New Concept
Beg II
Keterangan
Act Plan
Product
Unggul
Sangat bergizi dan bernutrisi serta bisa dikonsumsi mulai dari balita hingga lansia.
Produk yang di pasarkan sangat bervariatif dan tetap berusaha melakukan inovasi baru lagi terhadap produk yang dipasarkan.
Price
Unggul
Harga yang ditawarakan cukup terjangkau sesuai dengan kualiats hasil susu tersebut.
Menjaga  harga tetap terjangkau sesuai dengan kualitas susu yang penuh dengan nutrisi dan gizi.
Place
Unggul
Pesaing juga banyak menjual produk mereka mulai dari warung sampai supermarket besar.
Produk sangat mudah ditemukan di banyak tempat, dari warung sampai dengan supermarket besar.
Promotion
Unggul
Program yang dijalankan sangat efektif dan bermanfaat bagi masyarakat.
Melakukan promosi melalui iklan, media sosial dan melakukan program berkunjung ke beberapa tempat seperti sekolahan, pabrik, dan lain-lain.



BAB 14
 Evaluasi Performance / Program Kerja
PT. Frisian Flag Indonesia

  1. Farmer2Farmer (Sejak 2013)

Tujuan : Untuk memajukan industri peternakan sapi perah di Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan peternak sapi perah lokal. Lalu untuk melaksanakan sejumlah sesi pelatihan kepada peternak sapi perah terpilih sekaligus melakukan pengawasan dan pemantauan intensif untuk memastikan bahwa setiap peternak menerpakan tata kelola dan tata laksana peternakan dengan bai,,
Harapan : Dapat memenuhi kebutuhan konsumsi susu masyarakat Indonesia
Hasil program 1 tahun sebelumnya : Pendapatan meningkat hingga 20% dalam kurun waktu 1 tahun. Serta sudah menjangkau total 899 peternak sapi perah local dan angka ini diperkirakan akan terus meningkat.
  1. Program Gerakan Nusantara (MiNUm Susu TiAp Hari UNTuk Anak CeRdas Aktif IndonesiA)

Tujuan : Untuk meningkatkan kasadaran gizi anak Indonesia demi generasi muda Indonesia yang sehat, cerdas, dan aktif. Dengan memperluas jangkauan progem ke daerah 3T (Tertinggal, Terluar, dan Terdalam).
Target : Akan menyasar ke lebih dari 510 sekolah dasar yang tersebar di enam provinsi di Indonesia, yaitu Banten, Jawa Barat, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat dan Nusa Tenggara Timur. Perluasan jangkauan wilayah sasaran baru yang juga termasuk ke dalam wilayah 3T pada tahun ini difokuskan pada Provinsi Banten dan Nusa Tenggara Timur.
Kegiatan : edukasi gizi, pembagian susu, senam luar ruang dan permainan bola basket, pemberian buku edukasi gizi, serta sosialiasi kantin dan jajanan sehat.
KESIMPULAN
Frisian flag harus melakukan inovasi dan pengembangan terus menerus. Promosi juga harus lebih efektif dan efisien agar produk yang sudah dikenal ini akan terus diminati dan tidak kalah dalam persaingan dengan kompetitornya.
Berdasarkan analisa SWOT dengan mengevaluasi faktor internal dan eksternal dengan menggunakan matrik EFI dan EFE dan diformulasikan kedalam matrik space bahwa posisi perusahaan pada saat ini berada pada posisi yang Agresif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Akhir Manajemen Strategik

NAMA : SALSABILA A F NIM     : 01216049 PT. FRISIAN FLAG INDONESIA BAB 1 Latar Belakang PT. Frisian Flag Indonesia Latar...