NIM : 01216049
PT. FRISIAN FLAG INDONESIA
BAB 1
Latar Belakang PT. Frisian Flag Indonesia
Latar
Belakang
Industri
produk berbasis susu di Indonesia berkembang cukup pesat. Hal ini ditandai
dengan bermunculannya inovasi – inovasi baru di bidang pengolahan produk berbasis
susu. Demikian pula dengan komposisi dan kemasannya, dibuat menarik perhatian
dengan harga terjangkau. Selain itu, hal ini juga semakin teredukasinya dan
meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya mengkonsumsi susu
setiap hari. Indoneia memiliki ladang yang baik untuk peternakan sapi sehingga
akan menghasilkan susu yang berkualitas tinggi.
Kini, produk susu termasuk produk
yang sangat dibutuhkan semua orang, baik tua maupun muda. Fakta inilah yang
akhirnya mendorong para pelakunya lebih giat merebut hati konsumen.
Setidak-tidaknya, produk ini dibutuhkan oleh 150 juta penduduk Indonesia.
Populasi dunia meningkat dengan cepat, daya beli meningkat, sementara pada saat
yang sama, makanan, bahan baku, dan energi berada dalam pasokan pendek. Ini
memberi Frisian Flag Indonesia, sebagai bagian dari FrieslandCampina,
kesempatan untuk menjawab kebutuhan ini dan tumbuh optimal sekaligus. Frisian
Flag tidak hanya menghasilkan susu berkualitas tinggi, tetapi juga melakukan
berbagai kegiatan pembangunan sosial, sebagai bentuk tanggung jawab kepada
konsumen, karyawan, petani, pemegang saham, masyarakat, dan lingkungan, dalam
semua aspek operasional perusahaan. Strategi perusahaan kami fokus pada dua
bidang, Kesehatan dan Gizi.
Sejarah Pendirian
Frisian Flag berdiri pada tahun 1922 dengan merek susu “Friesche Vlag” atau
yang lebih dikenal sebagai susu bangsa yang diimpor dari Cooperative
Condensfabriek Friesland di Belanda yang sekarang menjadi Royal FrieslandCampina.
Saat ini perusahaan PT Frisian Flag adalah perusahaan susu terbesar di dunia
yang berpusat di Belanda dan beranggotakan 19.487 peternak yang tersebar
di 3 negara serta memiliki karyawan tidak kurang dari 19.946 orang yang bekerja
di 100 perusahaan di dunia yang merupakan koperasi peternak sapi perah terbesar
di dunia.
PT Frisian Flag Indonesia mulai beroperasi di Indonesia pada tahun 1971
dengan susu kental manis sebagai produk pertamanya. Sebagai bagian dari
perusahaan multinasional, PT Frisian Flag Indonesia mengedepankan pengalaman
global dan kerjasama jangka panjang dengan para peternak Indonesia untuk tetap
menjadi leaderdalam menghasilkan produk-produk bergizi berbasis
susu.
PT Frisian
Flag Indonesia adalah pemimpin pasar di industri susu Indonesia yang berkomitmen
untuk memproduksi susu berkualitas terbaik dan bernutrisi tinggi serta
memberikan pelayan terbaik bagi konsumen dan mitra usahanya. Di Indonesia
Frisian Flag dikenal oleh masyarakat dengan nama Susu Bendera.
Dalam
memproduksi dan mendistribusikan produk-produk berbasis susu, PT Frsian Flag
Indonesia tidak hanya mengikuti standar nasional dan internasional, namun juga
mengadvokasi kepada para pemangku kepentingannya untuk senantiasa mendukung
perkembangan holistik anak dan mempromosikan ASI eksklusif sesuai dengan
petunjuk WHO.
PT Frisian
Flag Indonesia percaya bahwa para karyawan adalah aset terbesar dan ingin
mereka bertumbuh bersama dengan perusahaan. Setiap tahun mereka mengirim
karyawan ke berbagai program pelatihan dan pengembangan baik di Indonesia maupun
di luar negeri untuk menambah pengetahuan dan mempelajari hal-hal baru. Mereka
percaya bahwa pengetahuan memberi mereka daya kemampuan dan untuk menjadi
yang terbaik, mereka perlu terus belajar dan menambah pengetahuan.
BAB 2
Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran
PT. Frisian Flag Indonesia
Visi
PT Frisian
Flag Indonesia mempunyai visi untuk menjadi merek pemimpin dalam bidang nutrisi
berbahan dasar susu dengan produk-produk dan format produk berkualitas yang
terjangkau untuk pelanggan diseluruh di Indonesia.
Misi
PT. Frisian
Flag Indonesia mempunyai beberapa misi, yaitu:
- Memerangi
Kekurangan Gizi
- Mengembangakn
standar di bidang peternakan sapi perah yang bertanggung jawab.
- Menjadi
nomor satu dalam pasar susu secara keseluruhan.
- Menstimulasi
konsumsi produk susu secara aktif dan mencapai pertumbuhan yang lebih
cepat di bidang-bidang penting pada pasar produk susu dibandingkan dengan
para kompetitor di bidang tersebut.
- Memperkuat
posisi “merek yang disukai”, dipikirkan para pelanggan susu di seluruh
Indonesia.
- Mempunyai karyawan yang berkompetisi dan berdedikasi di semua tingkat dan memiliki succession planning untuk memastikan agar perusahaan dapat terus berkembang.
Tujuan
Tujuan
perusahaan ini adalah untuk menjadi perusahaan yang unggul serta selalu
menghasilkan dan menyediakan produk yang dapat memenuhi hidup sehat, nyaman,
dan penuh nutrisi bagi semua masyarakat.
Sasaran Produk
Strategi
perusahaan ini berfokus pada dua bidang, yaitu Kesehatan dan Gizi dan
Pengembangan Dairy. Sasaran pada PT Frisian Flag Indonesia adalah untuk semua
kalangan masyarakat Indonesia, karena susu tersebut disajikan untuk seluruh
keluarga Indonesia.
BAB 3
Analisis
Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran
PT. Frisan Flag Indonesia
Analisis SMART
- SIMPLE
Menjadi
produsen produk nutrisi berbasis susu dengan meningkatkan target penjualan
lebih besar dari tahun sebelumnya.
- MEASURABLE
Menjadi Market
Leader dalam penjualan produk varian susu ( susu cair, susu bubuk, dan susu
kental manis ). Mengutip data lembaga riset Nielsen, Frisian Flag menguasai
separuh pangsa pasar susu kental manis. Adapun pangsa pasar untuk susu cair
mencapai 10% dan susu bubuk 10%. Terbukti pada pertengahan tahun 2016 Frisian
Flag merilis produk susu rasa kelapa muda pertama di Indonesia yang
menunjukkan eksistensinya dalam inovasi produk untuk memenuhi kebutuhan
masyarakat Indonesia.
- APLIKABLE
Menjadi
produsen varian susu yang menyajikan kesegaran rasa, dengan rasa yang gurih dan
lezat, dengan diformulasikan secara khusus dengan mengacu pada kebutuhan
nutrisi bagi masyarakat Indonesia.
- RELIABLE
Menjadi
produsen dengan varian produk susu terlengkap dan mampu memimpin market leader
selama 90 tahun. Mengembangkan lini produk terbaru dengan target pencapaian
yang terus meningkat dari tahun ke tahun berikutnya. Tak heran jika Frisian
Flag kini identic dengan susu dan pertumbuhan dari generasi ke generasi.
- TIMEABLE
PT Frisian
Flag Indonesia, produsen produk nutrisi berbasis susu, yakin target pertumbuhan
penjualan sebesar 12% pada tahun ini, menjadi Rp19,04 triliun dari kinerja
tahun sebelumnya sebesar Rp17 triliun terpenuhi.Corporate Communication Manager
Frisian Flag mengatakan penetapan target tersebut sesuai dengan pertumbuhan
produksi susu rerata 10%-12% per tahun.
BAB 4
Analisis Sumber Daya Saing
PT. Frisian Flag
Indonesia
Daya Saing
PT Frisian
Flag Indonesia sudah dikenal oleh mayarakat luas dengan kualitas susu yang
bergizi dan terbukti selama 90 tahun menjadi market leader di Indonesia. Dengan
berbagai inovasi produk dan varian produk susu.
Analisis SWOT adalah cara
untuk memeriksa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang perusahaan
hadapi. Berikut Analisis SWOT untuk PT.
Frisian Flag Indonesia :
- Strength
(Kekuatan)
·
Frisian Flag memiliki peternakan sendiri sehingga
memiliki bahan baku yang berkualitas dan bernutrisi tinggi.
·
Produk yang dihasilkan dapat di konsumsi dari berbagai
umur dari balita hingga dewasa dengan berbagai fungsi dan kebutuhan
masing-masing sesuai dengan umur. Selain itu ada juga susu untuk kebutuhan ibu
hamil.
·
Kualitas SDM yang selalu berkembang dengan adanya
training yang selalu diadakan pada waaktu tertentu.
·
Mempunyai tim yang professional dan kuat pada setiap
acara / event.
- Weakness (Kelemahan)
•
Kurangnya inovasi terhadap varian rasa produk susu.
•
Kandungan gula yang cukup tinggi cenderung banyak
dihindari.
•
Minimnya sarana promosi via website.
- Opportunities
(Peluang)
·
Mempunyai beragam kegiatan yang dibentuk oleh
Corporate Operasional Responsibility (CSR) seperti pengembangan kemasyarakatan,
pembinaan peternakan sapi, ketahanan gizi, dan Program Berkelanjutan.
·
Hampir setiap bulan Frisian Flag Indonesia mengadakan
event di berbagai kota.
·
Produk lebih mudah dipasarkan karena telah ada di
benak para konsumen dan merupakan salah satu merek yang dicari banyak orang
karena kualitasnya.
- Threats (Ancaman)
•
Pesaing di bidang produk yang sama menawarkan varian
rasa yang lebih beragam dan rendah gula.
•
Harga susu yang ditawarkan cukup mahal dibandingkan
dengan merek susu lain walaupun harganya sebanding dengan kualitas dan manfaat
yang didapatkan.
•
Kenaikan harga BBM mempengaruhi dalam hal
transportasi.
BAB
5
Analisis
Value Chain
PT. Frisian Flag Indonesia
Aktivitas-aktivitas utama :
•
Aktivitas logistik kedalam
Reception, Storage, Inventory control, Transportasi on
planning.
•
Aktivitas operasi
Produksi produk (tenaga mesin maupun manusia), quality controller.
•
Aktivitas logistik keluar
Warehousing, Order Fulfilment, Transportation, Distribution.
•
Aktivitas pemasaran dan
penjualan
Partnership, Advertising,
Promotion.
•
Aktivitas pelayanan (Service).
BAB 6
Tabel IFAS PT. Frisian Flag Indonesia
Kondisi Internal PT. Frisian Flag Indonesia
Faktor
Intern
|
Kekuatan/kelemahan
|
Produksi
|
+ Frisian
Flag memiliki peternakan sendiri sehingga memiliki bahanbaku yang berkualitas
dan bernutrisi tinggi.+ Produk yang dihasilkan dapat di konsumsi dari
berbagai umur daribalita hingga dewasa dengan berbagai fungsi dan kebutuhan
masingmasing sesuai dengan umur. Selain itu ada juga susu untukkebutuhan ibu
hamil.- Kurangnya
inovasi terhadap varian rasa produk susu.
|
Marketing
|
–
Minimnya sarana promosi via website.
|
Personalia
|
+ Kualitas
SDM yang selalu berkembang dengan adanya training yangselalu diadakan pada
waaktu tertentu
|
Manajemen
|
+ Mempunyai tim yang professional
dan kuat pada setiap acara / event.
|
Dari table
di atas terdapat 4+ dan 2-,ini menunjukan bahwa kekuatan unggul 2 poin
terhadap kelemahan
|
Analisa IFAS untuk mengetahui kekuatan
Faktor
intern
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Frisian
Flag memiliki peternakan sendiri sehingga memiliki bahan baku yang
berkualitas dan bernutrisi tinggi
|
4
|
0,25
|
4
|
1
|
Produk
yang dihasilkan dapat di konsumsi dari berbagai usia dengan fungsi dan
kebutuhan masing-masing. Selain itu ada juga susu untuk kebutuhan ibu hamil
|
3
|
0,25
|
3
|
0.75
|
Kualitas
SDM yang selalu berkembang dengan adanya training yang diadakan pada waaktu
tertentu
|
3
|
0,25
|
3
|
0,75
|
Mempunyai
tim yang professional dan kuat pada setiap acara / event.
|
4
|
0,25
|
4
|
1
|
TOTAL
|
14
|
1
|
14
|
3.5
|
Analisa IFAS
untuk mengetahui kelemahan
Faktor
Intern
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Kurangnya
inovasi terhadap varian rasa produk susu.
|
4
|
0,5
|
-2
|
1
|
Minimnya
sarana promosi via website
|
4
|
0,5
|
-2
|
1
|
TOTAL
|
8
|
1
|
–4
|
2
|
BAB 7
Tabel EFAS PT. Frisian Flag Indonesia
Kondisi Eksternal PT. Frisian Flag Indonesia
Faktor
Eksternal
|
Peluang/ancaman
|
Sosial
Environment
|
+
Mempunyai beragam kegiatan yang dibentuk oleh Corporate Operasional
Responsibility (CSR) seperti pengembangan kemasyarakatan, pembinaan
peternakan sapi, ketahanan gizi, dan Program Berkelanjutan.+ Hampir setiap
bulan Frisian Flag Indonesia mengadakan event di berbagai kota.
|
Pesaing
|
+ Produk lebih mudah dipasarkan
karena telah ada di benak para konsumen dan merupakan salah satu merek yang
dicari banyak orang karena kualitasnya.- Pesaing di
bidang produk yang sama menawarkan varian rasa yang lebih beragam dan rendah
gula
|
Ekonomi
|
–
Harga susu yang ditawarkan cukup mahal dibandingkan dengan merek susu lain
walaupun harganya sebanding dengan kualitas dan manfaat yang
didapatkan- Kenaikan harga BBM mempengaruhi dalam hal
transportasi
|
Dari table
di atas terdapat 3 Peluang dan 3 Ancamanini menunjukan bahwa peluang unggul 0
poin terhadap ancaman
|
Analisa
EFAS untuk mengetahui peluang
Faktor
Eksternal
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Mempunyai
beragam kegiatan yang dibentuk oleh Corporate Operasional Responsibility
(CSR) seperti pengembangan kemasyarakatan, pembinaan peternakan sapi,
ketahanan gizi, dan Program Berkelanjutan
|
4
|
0.4
|
3
|
1.2
|
Hampir
setiap bulan Frisian Flag Indonesia mengadakan event di berbagai kota
|
3
|
0.3
|
2
|
0.6
|
Produk
lebih mudah dipasarkan karena telah ada di benak para konsumen dan merupakan
salah satu merek yang dicari banyak orang karena kualitasnya
|
3
|
0.3
|
3
|
0.9
|
TOTAL
|
10
|
0.77
|
8
|
2.7
|
Analisa EFAS untuk mengetahui ancaman
Faktor
Eksternal
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Pesaing di
bidang produk yang sama menawarkan varian rasa yang lebih beragam dan rendah
gula
|
3
|
0.3
|
-2
|
-0.6
|
Harga susu
yang ditawarkan cukup mahal dibandingkan dengan merek susu lain walaupun
harganya sebanding dengan kualitas dan manfaat yang didapatkan
|
4
|
0.4
|
-2
|
-0.8
|
Kenaikan
harga BBM mempengaruhi dalam hal transportasi
|
3
|
0.3
|
-1
|
-0.3
|
TOTAL
|
10
|
0.9
|
-5
|
-1.7
|
BAB 8
Diagram SWOT dan Prioritas Strategi
PT.
Frisian Flag Indonesia
Koordinat
Analisis Internal
(skor total
kekuatan – skor total kelemahan)
= 1,5
Koordinat
Analisis Esternal
(skor total
peluang – skor total ancaman)
= 1
Jadi titik
koordinatnya terletak pada (1,5 ; 1)
Pada kuadran I ( SO Strategi ) strategi umum yang dapat dilakukan oleh
perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap
keunggulan pada kesempatan yang ada.
Pada kuadran II ( ST Strategi ) Menjadikan setiap
kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk
menciptakan peluang.
Pada kuadran III ( WO Strategi ) perusahaan dapat membuat peluang pada
kesempatan sebagai acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan menghadapi ancaman.
Pada kuadran IV ( WT Strategi ) Meminimumkan segala kelemahan untuk
menghadapi setiap ancaman.
BAB 9
Matrik SWOT PT. Frisian Flag Indonesia
BAB 10
Variasi Strategi PT. Frisian Flag Indonesia
Kekuatan perusahaan adalah :
Pada kuadran I ( SO Strategi ) strategi umum yang
dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk
mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada.
Kekuatan perusahaan adalah :
- Frisian
Flag memiliki peternakan sendiri sehingga memiliki bahan baku yang
berkualitas dan bernutrisi tinggi.
- Mempunyai
tim yang professional dan kuat pada setiap acara / event.
Peluang
perusahaan adalah :
- Mempunyai
beragam kegiatan yang dibentuk oleh Corporate Operasional Responsibility
(CSR) seperti pengembangan kemasyarakatan, pembinaan peternakan sapi,
ketahanan gizi, dan Program Berkelanjutan.
- Produk
lebih mudah dipasarkan karena telah ada di benak para konsumen dan
merupakan salah satu merek yang dicari banyak orang karena kualitasnya.
Pada kuadran II ( ST Strategi ) Menjadikan setiap
kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk
menciptakan peluang.
Kekuatan
perusahaan adalah :
- Frisian
Flag memiliki peternakan sendiri sehingga memiliki bahan baku yang
berkualitas dan bernutrisi tinggi.
- Mempunyai
tim yang professional dan kuat pada setiap acara / event.
Ancaman
perusahaan adalah :
- Harga
susu yang ditawarkan cukup mahal dibandingkan dengan merek susu lain
walaupun harganya sebanding dengan kualitas dan manfaat yang didapatkan.
Pada kuadran III ( WO Strategi ) perusahaan dapat
membuat peluang pada kesempatan sebagai acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan
menghadapi ancaman.
Kelemahan
perusahaan adalah :
- Kurangnya
inovasi terhadap varian rasa produk susu
- Minimnya
sarana promosi via website
Peluang
perusahaan adalah :
- Mempunyai
beragam kegiatan yang dibentuk oleh Corporate Operasional Responsibility
(CSR) seperti pengembangan kemasyarakatan, pembinaan peternakan sapi,
ketahanan gizi, dan Program Berkelanjutan.
- Produk
lebih mudah dipasarkan karena telah ada di benak para konsumen dan
merupakan salah satu merek yang dicari banyak orang karena kualitasnya.
Pada kuadran IV ( WT Strategi ) Meminimumkan
segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.
Kelemahan
perusahaan adalah :
- Kurangnya
inovasi terhadap varian rasa produk susu
- Minimnya
sarana promosi via website
Ancaman
perusahaan adalah :
- Harga susu yang ditawarkan cukup mahal dibandingkan dengan merek susu lain walaupun harganya sebanding dengan kualitas dan manfaat yang didapatkan.
Pengembangan Produk (Product Development)
Meningkatkan
penjualan dengan cara menghasilkan produk-produk yang berkualitas tingi bagi
consume Indonesia. Sebagai ahli dalam bidang nutrisi, PT Frisian Flag Indonesia
secara aktif berpartisipasi dalam program kerja sama dengan institusi terkait
unutk meningkatkan gizi dan kesehatan masyarakat.sapi.
BAB 11
Strategi
Unit Bisnis PT. Frisian Flag Indonesia
Strategi bisnis unit perusahaan yang diterapkan untuk mengembangkan produk adalah :
- Meningkatkan kapasitas produksi. Saat ini mereka memproduksi susu dari dua pabrik yang terdapat di Ciracas dan Pasar Rebo, Jakarta. Kapasitas produksi dari kedua pabrik ini sudah mencapai 2.5 juta liter per hari, tumbuh 15% dari kapasotas produksi tahun lalu.
- Demi menjaga pasokan susu sapi dalam negeri, perusahaan kerap mengadakan pelatihan bagi pada peternak sapi. Misalnya, pelatihan mengenai cara meningkatkan produktivitas susu sapi serta cara menjaga agar mutu sapi terjamin.
- Frisian Flag selalu berkomitmen untuk tidak mempromosikan formula seperti keputusan Menteri Kesehatan dan World Health Organization (WHO). Jika ada karyawannya yang terbukti kethuan mempromosikan susu formula, hukumannya adalah pemecatan.
- Frisian Flag juga terus memberikan bantuan bagi masyarakat di lingkungan pabrik. Misalnya, bekerja sama dengan sekolah-sekolah dan memberi informasi soal nutrisi, memberi kesempatan bagi anak-anak sekolah untuk melakukan kunjungan ke pabrik, juga kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan praktik kerja di perusahaan.
BAB 12
Bisnis Proses PT. Frisian Flag Indonesia
Interaksi
dari proses-proses seperti yang tergambar dalam diagram alur proses bisnis
Trade Marketing Department adalah sebagai berikut.
Proses
bisnis PT Frisian Flag Indonesia dimulai dengan kebutuhan konsumen :
- Inovasi
diprakasai oleh riset pasar. Setelah direncanakan oleh Trade Marketing
Department berdasarkan anggaran tahunan secara berurutan, maka
dikembangkan produk (baru) termasuk promosi, dan iklan, dan produk
diproduksi di pabrik PT Frisian Flag Indonesia.
- Produk
yang di-release dikeluarkan dan didistribusikan ke pasar berdasarkan order
sales dan kredit control menurut prosedur order proses dan distribution
dan primary sales, invoicing, dan collection.
- Semua
produk PT Frisian Flag Indonesia dijual di pasar local menurut primary
sales, invoicing dan collection dan secondary selling proses. Dan
berdasarkan permintaa, produk tertentu di ekspor menurut prosedur eksport.
- Proses
pengiriman barang diatur berdasarkan area atau wilayah dari masing-masing
penjualan produk.
- Pengontrolan
barang dan keuangan, yang dinyatakan dalam uang sebagai hasil dari proses
bisnis dimonitor oleh dewan direksi dalam sistem informasi bulanan
(monthly information system), dibandingkan dengan anggaran tahunan yang
telah disetujui. Apabila diperlukan, dewan direksi akan memprakarsai
tindakan korektif preventif dan perbaikan terhadap adanya deviasi.
Berikut
merupakan gambaran mengenai proses penjualan dari distributor ke toko :
BAB 13
Analisis Persaingan
PT. Frisian Flag Indonesia
TABEL ANALISIS PERSAINGAN
4P
|
New
Concept
|
Beg II
|
Keterangan
|
Act Plan
|
Product
|
Unggul
|
Sangat bergizi
dan bernutrisi serta bisa dikonsumsi mulai dari balita hingga lansia.
|
Produk
yang di pasarkan sangat bervariatif dan tetap berusaha melakukan inovasi baru
lagi terhadap produk yang dipasarkan.
|
|
Price
|
Unggul
|
Harga yang ditawarakan cukup
terjangkau sesuai dengan kualiats hasil susu tersebut.
|
Menjaga harga tetap
terjangkau sesuai dengan kualitas susu yang penuh dengan nutrisi dan gizi.
|
|
Place
|
Unggul
|
Pesaing
juga banyak menjual produk mereka mulai dari warung sampai supermarket besar.
|
Produk
sangat mudah ditemukan di banyak tempat, dari warung sampai dengan
supermarket besar.
|
|
Promotion
|
Unggul
|
Program yang dijalankan sangat
efektif dan bermanfaat bagi masyarakat.
|
Melakukan promosi melalui iklan,
media sosial dan melakukan program berkunjung ke beberapa tempat seperti
sekolahan, pabrik, dan lain-lain.
|
BAB 14
Evaluasi Performance / Program Kerja
PT. Frisian Flag Indonesia
- Farmer2Farmer
(Sejak 2013)
Tujuan : Untuk memajukan industri peternakan sapi
perah di Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan peternak sapi perah lokal.
Lalu untuk melaksanakan sejumlah sesi pelatihan kepada peternak sapi perah
terpilih sekaligus melakukan pengawasan dan pemantauan intensif untuk
memastikan bahwa setiap peternak menerpakan tata kelola dan tata laksana
peternakan dengan bai,,
Harapan :
Dapat memenuhi kebutuhan konsumsi susu masyarakat Indonesia
Hasil program 1 tahun sebelumnya : Pendapatan
meningkat hingga 20% dalam kurun waktu 1 tahun. Serta sudah menjangkau total
899 peternak sapi perah local dan angka ini diperkirakan akan terus meningkat.
- Program
Gerakan Nusantara (MiNUm Susu TiAp Hari UNTuk Anak CeRdas Aktif
IndonesiA)
Tujuan : Untuk meningkatkan kasadaran gizi anak
Indonesia demi generasi muda Indonesia yang sehat, cerdas, dan aktif. Dengan
memperluas jangkauan progem ke daerah 3T (Tertinggal, Terluar, dan Terdalam).
Target : Akan menyasar ke lebih dari 510 sekolah dasar
yang tersebar di enam provinsi di Indonesia, yaitu Banten, Jawa Barat, D.I.
Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat dan Nusa Tenggara Timur. Perluasan
jangkauan wilayah sasaran baru yang juga termasuk ke dalam wilayah 3T pada
tahun ini difokuskan pada Provinsi Banten dan Nusa Tenggara Timur.
Kegiatan : edukasi gizi, pembagian susu, senam luar
ruang dan permainan bola basket, pemberian buku edukasi gizi, serta sosialiasi
kantin dan jajanan sehat.
KESIMPULAN
Frisian flag
harus melakukan inovasi dan pengembangan terus menerus. Promosi juga harus
lebih efektif dan efisien agar produk yang sudah dikenal ini akan terus
diminati dan tidak kalah dalam persaingan dengan kompetitornya.
Berdasarkan analisa SWOT dengan mengevaluasi faktor
internal dan eksternal dengan menggunakan matrik EFI dan EFE dan
diformulasikan kedalam matrik space bahwa posisi perusahaan pada saat ini
berada pada posisi yang Agresif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar